top of page
  • Writer's picturefilm society

Belajar Mengatasi Insecure dari Film Doraemon Stand by Me 2

Updated: Apr 7, 2021

Mau tau akhir kisah cinta Nobita dan Shizuka? Kalau iya, kalian wajib banget nonton film ini. Fiilm yang rilis di Indonesia pada tanggal 19 Februari 2021 kemarin menceritakan tentang Nobita dewasa yang gugup dan melarikan diri saat hari pernikahannya dengan Shizuka. Padahal, nobita kecil sudah berjanji untuk mewujudkan keinginan neneknya melihat pernikahan nobita di masa depan. Munculnya sosok nenek dalam film ini dikarenakan sebagian besar ceritanya berdasarkan film Doraemon: Obāchan no Omoide (Doraemon: A Grandmother's Recollections) yang rilis pada tahun 2000.

Kembali ke pernikahan Nobita, kaburnya Nobita bukan tanpa alasan. Ia merasa insecure. Ia takut tidak bisa membahagiakan Shizuka. Namun pada akhirnya, ia tersadar dan kembali percaya diri untuk melanjutkan pernikahannya setelah melihat betapa Shizuka menyayanginya. Selain itu, nasehat nenek nobita juga membantunya untuk tetap menjadi dirinya sendiri.

Nah guys, Pasti kita pernah kan merasa insecure dan bingung cara mengatasinya? Hilangnya rasa insecure yang awalnya menjadi masalah besar pada diri Nobita bisa menjadi pelajaran untuk kita terapkan loh.. Yuk simak Bersama!


Kamu pasti punya kelebihan yang tidak dimiliki orang lain

Kalian pasti tau kan, Nobita itu gimana.. Ceroboh, cepet panik, nilai ujian jelek terus, lemah dalam olahraga, ganteng juga enggak, yah pokoknya banyak banget kekurangannya. Beda banget sama Shizuka yang pinter, cantik, lemah lembut, istri idaman banget pokoknya.

Nah, saat insecure, kita cenderung mengingat semua kelemahan kita. Tidak terpikirkan sama sekali apa kelebihan kita. Oleh karena itu, kita butuh seseorang yang bisa melihat kelebihan dalam diri kita. Dalam film ini, nenek nobita lah yang memberitahu nobita kelebihan yang ia punya yaitu sifat ingin membantu dan peduli pada orang lain. Shizuka juga berkata untuk menjadi diri nobita sendiri yang penyayang. Ekhem.. so sweet banget ya..


Orangtuamu pasti punya harapan besar padamu


Tiap kali membahas orangtua, biasanya kita auto nangis bawang. Gimana enggak? Orangtua lah yang berjasa membesarkan kita dan bersabar untuk mendidik kita di rumah. Nah, saat kita lahir ke dunia ini, pastilah orangtua mempunyai harapan agar kita bisa menjadi anak yang baik, anak yang berguna, dan harapan baik lainnya.

Maka dari itu, biasanya orangtua kita menyelipkan harapannya pada nama kita. Seperti yang dilakukan orangtua Nobita saat Nobita lahir ke dunia ini. Memang, pada awalnya, Nobita tidak menyukai nama yang diberikan padanya. Namun, setelah mendengar harapan orangtuanya padanya, perasaan tidak sukanya menghilang dan berganti rasa haru bercampur bangga.

Guys, cobalah bertanya kepada orangtuamu tentang arti namamu. Saat kamu tahu artinya, resapi harapan-harapan yang ada padanya. Setelah kamu melakukannya, sadarilah bahwa kamu bisa mewujudkan harapan itu. Namun, dengan syarat kamu berhenti insecure pada diri sendiri. Namamu indah, banggalah dengan nama itu!.


Hiburlah dirimu dengan kegiatan yang menyenangkan


Roraemon dan Nobita tersenyum
Bahagiakan dirimu, sperti Doraemon dan Nobita di gambar ini

Insecure yang berlebihan dapat menganggu keseharianmu loh! Pikiranmu juga akan menjadi tidak fokus karena terlalu memikirkan hal yang membuatmu tidak bersemangat. Jadi, sudah saatnya kamu merefresh kembali otakmu. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa melupakan apa yang selama ini kamu khawatirkan.


Namun, kita perlu ingat, refreshing bukan menjadi alasan kamu lepas tanggung jawab dan membuat banyak orang panik dan dirugikan ya!. Berikan waktu yang cukup, jangan berlebihan. Karena, setelah selesai refreshing, kamu harus menghadapi keseharianmu seperti biasanya kembali. Seperti skenario dalam film ini dimana setelah Nobita dewasa merenungkan diri dan bermain dengan alat doraemon di masa kini, ia siap kembali ke masa depan untuk melanjutkan prosesi pernikahannya yang sempat tertunda. Kesimpulannya, refreshing itu berguna untuk healing agar setelahnya kita bisa mempunyai pikiran yang positif.


Nah, itu dia 3 tips mengatasi rasa insecure dari film nobita. Kesimpulannya, kita itu spesial atas diri kita sendiri. Jadi, stop membandingkan dirimu dengan yang lain ya..

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page