top of page
  • Writer's picturefilm society

Kontribusi Warga Negara Indonesia pada Pembuatan Film Animasi “Raya and The Last Dragon”

Updated: Mar 24, 2021


poster "Raya and The Last Dragon". tayang mulai awal Maret 2021
poster "Raya and The Last Dragon"

Film animasi garapan Disney berjudul “Raya and The Last Dragon” yang sejak awal Maret lalu sudah mulai tayang di bioskop-bioskop menjadi perbincangan yang cukup hangat saat ini, pasalnya Disney mengambil latar Asia Tenggara dalam pembuatan animasi ini. Negara-negara Asia Tenggara yang turut berkontribusi pada film ini, diantaranya Laos, Vietnam, Malaysia, tak terkecuali Indonesia. Lantas siapa saja warga Indonesia yang terlibat dalam pembuatan animasi Raya ini? Berikut kami rangkum


Animator

Griselda Sastrawinata, animator yang bekerja di Disney
Griselda Sastrawinata

Di bagian animator ada Griselda Sastrawinata sebagai visual development artist, sebelumnya ia telah dikenal sebagai visual development artist pada Animasi disney lainnya, yaitu Frozen II. disini Griselda bersama dengan Luis Logam sebagai story artist.


Konsultan Seni Tari, Upacara Tradisional, dan Musik Gamelan

Karena mengambil latar Asia Tenggara, tentu memerlukan riset yang cukup panjang, juga dibantu dengan konsultan. Dewa Putu Berata dan Emiko Saraswati Susilo yang menjadi konsultan seni tari, upacara tradisional, dan juga menciptakan komposisi musik gamelan. Bersama dengan putrinya, bernama Dewa Ayu Laraassanti yang menunjukan tarian.


Bahasa, Aksara Fiktif, dan Pemilihan Nama “Raya”

Juliana Wijaya

Dalam film Raya, pemilihan nama “Raya” itu sendiri pun didiskusikan. Ada Juliana Wijaya. Juliana terlibat dalam film Raya ini untuk memastikan istilah-istilah agar sesuai karena menggunakan konteks budaya dari Asia Tenggara. Ia juga berperan untuk membantu Disney dalam menciptakan


Musisi untuk Original SoundTrack berjudul “Trust Again”

Raisa mengisi ost animasi Raya yang berjudul "Trust Again"
Raisa

Penyanyi Raisa Andriana, yang biasa kita panggil Raisa, menjadi lead singer pada ost Raya yang berjudul “Trust Again” yang berkolaborasi dengan rapper-rapper asal Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.



Itulah beberapa orang asal Indonesia yang turut terlibat dalam proyek film animasi garapan Disney, yang berhasil tim Filmoty rangkum.

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page